Oleh : 
Yohanes Degeuukago Mabipai Giyai
(Pemahaman itu bersal dari orang lain tetapi pengertian kesadaran dan tindakan untuk bebas itu ada dalam diri saya sendiri dan itu adalah Hak setia individu dan Bangsa.)




SAVE OUR PAPUA
Saya sangat mengerti,paham dan yakin,bahwa Obat  ini dapat menyembuhkan penyakit yang saya derita tetapi saya lebih memilih untuk tidak meminum obat tersebut maka saya akan tetap sakit, tak bisa pulih kembali lagi dan bisa saja berujung pada kematian diri saya.
Tetapi yang lebih parah lagi adalah saya telah mengetahui bahwa obat tersebut dapat menyenbuhkan penyakit saya Tetapi saya tidak mengonsumsinya.
 Nah Sama Halnya dengan permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari terkadang kita memiliki ide untuk menyelesaikan masalah pribadi baik itu masalah,akademik,Rohaniah,Hubungan dengan kerabat atau dengan orang sekitar kita dan lain lain.
Masih banyak lagi ide kita miliki dan dapat kita sampaikan untuk mengatasih masalah-masalah dalam Kehidupan kita secara individu maupun Sosial.Namun Apakah artinya sebuah Pemikiran,ide, dan Konsep yang bagus Jika kita tidak mengkonversikan itu semua menjadi sebuah Tindakan??? Tentunya Pemikiran,ide dan Konsep kita hanya akan menjadi Hayalan Belaka dan tidak dapat membawa kita keluar dari lingkaran Hitam yaitu Masalah yang sedang kita Hadapi.
  Saya adalah Orang Papua saya sadar bahwa saya sedang di Jajah,dan saya mengerti bagaimana keluar dari Lingkaran Hitam(NKRI) yang selama ini Menyamar menggunakan Topeng,Menipu,Menguras SDA,Melarang saya untuk berbicara tentang diri saya sendiri(Identits/Profil) Manusia Papua untuk menyampaikan kepada anak cucuku,orang asing, baik itu secara lisan maupun Tulisan dan Lebih Parahnya Lagi Mereka(NKRI) ingin Menghabisi saya secara Pelan-pelan demi menguasai Rumah ku dan segala Harta Kekayaanku??? kalau saya tidak bertindak dan mengusirnya,Bagaimanakah Nasib Anak cucuku ketika aku sdh kembali menjadi Tanah dan menghadap Taktah Tuhanku,akankah kehidupan mereka  sepedih ini atau lebih parah(termarjinalisasi,diintimidasi.diskriminasi bahkan punah dan tinggal Nama,Kenang-kenangan) dari kehidupan saya sekarang???? 



Itu Hanya Tulisan dan Goresan Untuk Pribadi saya sebagai Anak Bangsa West Papua agar saya SADAR,PAHAMI,BANGKIT,BERTINDAK,DAN LAWAN melalui berbagai cara di bawa satu Payung/satu atap Langit Papua,dan diselimuti oleh Selimut Hijau Rimba Raya Papua.