Danau Tigi Merupakan sebuah Danau yang terletak di Kabupaten Deiyai Papua. Danau ini terletak di dataran tinggi kira-kira 1.700 meter diatas permukaan laut dan memiliki kedalaman sekitar 150 meter.
Danau ini memiliki potensi Perikanan air tawar ,Ekowisata,dan Air Bersih yang dapat digunakan untuk menyokong keberlangsungan Pembangunan di kabupaten Deiyai.jika dalam proses pembangunan pengembangan potensi lokal dikelolah dengan baik maka akan menjadi salah satu kebun/lapangan yang dapat bermanfaat untuk menggodok PAD di kabupaten Deiyai.

Jika dilihat dari letak Geografis Danau Tigi berada di Jantung  kota Deiyai, dimana kedepan di sekeliling Danau Tigi akan Terus terjadi banyak aktivitas manusia, dan suatu saat dapat menjadi ancaman bagi Ekologi danau Tigi. sehingga perlu adanya daya upaya yang dilakukan oleh Pemerintah untuk memproteksi Danau ini melalui beberapa tahap yakni : Menyusun Kajian Lingkungan Strategis (KLHS) Danau Tigi, Mewajibkan Project Mengantongi Ijin AMDAL,Menyusun Perda untuk pengelolaan Danau Tigi, serta melibatkan peran serta masyarakat (LSM/LMA).







Tanjung Onago(Onago Kagoo)

Tanjung Onago(Onago Kagoo)

Puduu

Duami/Kigimeida

Duami/Kigimeida

Duami/Kigimeida