Oleh: Yohanes Giyai
Foto : Yohanes Giyai/dok.pribadi
              Ketika kita mendengar atau membaca kata "tongkat estafet" maka yang terbayang di benak dan pikiran kita adalah pertama Olahraga estafet, dan kedua adalah sebuah tanggung jawab  yang diberikan kepada kita yang harus dilanjut dalam suatu wadah yang telah terbentuk seperti organisasi.
            Lebih kurang 1 bulan yang lalu paguyuban kita IPMAPAPARA Malang telah melaksanakan Kegiatan reorganisasi melalui kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Pelajar Mahasiswa Papua Paniai Raya (IPMAPAPARA) Malang Ke-VIII Tahun 2016, melalui momentum yang kita ciptakan bersama ini,kita berbagi rasa kesal,rasa ketidakpuasan kita terhadap badan Pengurus Harian IPMAPAPARA Malang masa jabatan 2014/2016 dan disana juga kita saling berbagi harapan dan impian kita untuk IPMAPAPARA lebih baik kedepannya kepada BPH IPMAPAPARA periode 2016/2018 yang telah terbentuk melalui Mubes IPMAPAPARA Malang tersebut.
            BPH IPMAPAPARA Malang periode 2016/2018 mereka adalah pemimpin kita yang akan melanjutkan tongkat estafet dalam organisasi kita di kota malang ini, namun sesungguhnya kita semua adalah tulang pungung dari mereka yang akan melajutkan tongkat yang penuh harapan dalam organisasi ini, jika kita tidak bersinergi secara baik dalam organisasi ini maka " Ibarat motor tanpa Bensi" julukan itu yang akan kita dapatkan.Artinya bahwa seluruh anggota memiliki peran penting dalam memberikan masukan,menyemangati,dan bekerja sehingga kita dapat mewujudkan segudang harapan dan impian yang kita dambakan bersama menjadi kenyataan dalam wadah organisasi kemahasiswaan dan kekeluargaan ini.
            Jika menoleh kebelakang dan melihat seluruh fenomena/dinamika organisasi IPMAPAPARA yang telah kita alami, itu semua teah menjadi pengalaman serta pembelajaran bagi kita semua, Kata orang "Pengalaman adalah Guru Terbaik dalam Hidup" untuk menuju kearah yang lebih baik.Bagaimanakah dengan kita? Kita harus mampu belajar dari semua itu dan melakukan yang terbaik agar  menjadi yang lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya.

            IPMAPAPARA adalah tempat pembelajaran serta wadah untuk pembentukan kepribadian bagi seluruh anggota.Tongkat estafet sekarang ditangan kita dan itu adalah miliki kita,kita bertanggung jawab penuh atas tongkat yang penuh harapan itu. Mari merajut persatuan,bersinergi untuk melanjutkan Tongkat estafet yang penuh dengan harapan,dan impian ini.(Giyai Jhons)